Mengintegrasikan ICT ke dalam Proses Belajar-Mengajar Bahasa Perancis
Objektif:
Setelah mengikuti mata diklat ini peserta diharapkan mampu memanfaatkan ICT dalam pembelajaran bahasa Prancis
Pendahuluan
Internet
adalah tanda inovasi utama di abad ke-20
ia memungkinkan dunia menjadi kecil dengan satu klik. Semua orang di belahan
bumi ini hampir semua mengenal internet. Begitu pun proses belajar-mengajar
khususnya bidang bahasa tidak bisa melepaskan diri dari Internet.
Internet
kini telah menjadi sumber belajar yang tak berbatas. Dan akan terus bertambah
banyak setiap harinya. Mengajar Perancis sebagai bahasa asing dapat menjadi alat untuk mengakses ilmu
pengetahuan baik secara nyata maupun virtual.
Oleh
karena itu kebutuhan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
dalam PBM menjadi tak terelakkan. Trainer dan guru percaya pada konsep bahwa integrasi
ICT dalam pembelajaran bahas dapat menyebabkan beberapa perubahan dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa.
Menggunakan
TIK dalam pelajaran Bahasa tidak harus dilakukan oleh seorang pakar IT, yang
diperlukan hanyalah keinginan belajar seorang guru bahasa untuk sedikit
meluangkan waktu untuk browsing dan menjadikannya sebuah desain pembelajaran
dari hari selancarnya di internet tersebut. Sebelum berselancar di internet ada
baiknya guru merefleksikan diri dengan menemukan jawaban atas pertanyaan
sebagai berikut.
- Maukah kita menggunakan TIK dalam PBM kita?
- Apakah penggunaan TIK untuk alasan prestise?
- Keterampilan bahasa apa yang inginkan Anda ajarkan
melalui TIK?
Setelah
menjawab pertanyaan reflektif tadi maka
saatnya memilah dokumen online untuk memenuhi kebutuhan di kelas yang berkenaan
dengan 4 keterampilan berbahasa: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis.
Dengan beragamnya sumber belajar di internet maka guru dituntut untuk memiliki
keterampilan mengidentifikasi manfaat dan keterbatasan sumber belajar
tersebut sesuai dengan tujuan umum dan
khusus pembelajaran bahasa Prancis di kelasnya.
Konsep
Integrasi TIK dalam Pembelajaran Bahasa
Guru
dan siswa adalah subjek yang terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar.
Masing-masing dari diri mereka juga dapat menjadi sumber belajar. Ada kalanya,
guru ataupun siswa mengalami kejenuhan, meskipun rasa jenuh tersebut adalah hal
yang wajar, namun sebagai tenaga pendidik maka kita berkewajiban untuk mencari
jalan keluar dari kejenuhan segi empatnya ruangan belajar.
Dalam
konteks ini TIK membawa angin segar dalam fleksibilitas cara belajar. Sejenak
keluar dari monotonnya buku teks dan membantu guru untuk meningkatkan kompetensi
profesional mengajar mereka. Harapannya dengan TIK guru dapat membuat kelas
lebih dinamis dan lebih aktif. Selain itu Internet juga membantu untuk memperdalam
kemampuan bahasa dan pemahaman antarbudaya.
Intinya
TIK dilakukan secara bertahap dari sekadar menggantikan sumber
belajar manual menjadi digital, memperkaya sumber belajar, hingga
menjadi bagian yang memerdekakan dalam memperoleh ilmu
pengetahuan, dan menghasiklan pembelajar yang madiri secara otonom.
Bekerja
dengan fleksibilitas akan semakin menjadi tren bagi masyarakat dunia, dan
keuntungan bekerja dengan TIK akan menghemat waktu dan ruang jika dilaksanakan
dengan perencanaan yang baik.
Klasifikasi
integrasi TIK dengan Pembelajaran Bahasa Prancis
- Perangkat lunak/aplikasi latihan interaktif dibuat
dengan perangkat lunak gratis (HotPotatoes, JClic, Netquiz, Didapages, dll)
- internet (website, blog, jejaring sosial, forum,
dll),
- multimedia, papan tulis interaktif (Tableau Numérique Interactif), kamera, dll
Selain
itu, internet menawarkan berbagai sumber audio, gambar, teks atau video, yang
dapat dipakai dalam kelas bahasa Prancis. Contoh pembelajaran integrasi TIK
dalam PBM Bahasa Prancis, berikut ini.
1. Dokumen otentik elektronik “Website Material”
dalam pembelajaran Bahasa Prancis
- Visitez le
site du Figaro www.lefigaro.fr. Cliquez
sur Météo Consul
- Choisissez
la France comme région.
Fiche pedagogique
La Météo
niveau
|
Niveau A2
|
Objectif linguistiques
|
Le comparatif, les expressions
|
grammaticaux
|
impersonnelles, (le futur)
|
lexicaux
|
La météo, regions en france
|
pragmatiques
|
Demander quel temps il fait,
donner/dire des prévisions météo
|
Public
|
Adultes
|
Durée
|
1h
|
Matériel
Matériel
|
Site
|
Activités :
- En vous
appuyant sur le lexique de la météo sur le site http://www.lefigaro.fr/meteo/france/index.php
, dites quel temps il fait à
a) Paris b) Lyon
c) Marseille d) Lille
e) Strasbourg f) Bordeaux
....... à Paris
aujourd’hui il fait ciel couvert, demain il va faire ...
Le prof peut
donner un example pour faire
- Comparez.
Quel temps fait-il, dans ces villes, le matin, l’après-midi, le soir et la
nuit.
- Quel temps
fait-il aujourd’hui dans les différentes villes de votre région ?
- Rédigez en
groupe des prévisions météo pour votre pays pour la semaine prochaine.
1 CO-compréhension orale,
CE-compréhension écrite, PO-production orale, PE-production écrite
Pengayaan materi belajar dengan melihat tayangan video
dari youtube mengenai La Météo
En
fin, naviguez ce video https://www.youtube.com/watch?v=RmVHf7Tjahk
Kelemahan
Komentar
Posting Komentar