Mengintegrasikan ICT ke dalam Proses Belajar-Mengajar Bahasa Perancis


Objektif: Setelah mengikuti mata diklat ini peserta diharapkan mampu memanfaatkan ICT dalam pembelajaran bahasa Prancis

Pendahuluan
Internet adalah tanda  inovasi utama di abad ke-20 ia memungkinkan dunia menjadi kecil dengan satu klik. Semua orang di belahan bumi ini hampir semua mengenal internet. Begitu pun proses belajar-mengajar khususnya bidang bahasa tidak bisa melepaskan diri dari Internet.
Internet kini telah menjadi sumber belajar yang tak berbatas. Dan akan terus bertambah banyak setiap harinya. Mengajar Perancis sebagai bahasa asing  dapat menjadi alat untuk mengakses ilmu pengetahuan baik secara nyata maupun virtual.
Oleh karena itu kebutuhan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam PBM menjadi tak terelakkan. Trainer dan guru percaya pada konsep bahwa integrasi ICT dalam pembelajaran bahas dapat menyebabkan beberapa perubahan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Menggunakan TIK dalam pelajaran Bahasa tidak harus dilakukan oleh seorang pakar IT, yang diperlukan hanyalah keinginan belajar seorang guru bahasa untuk sedikit meluangkan waktu untuk browsing dan menjadikannya sebuah desain pembelajaran dari hari selancarnya di internet tersebut. Sebelum berselancar di internet ada baiknya guru merefleksikan diri dengan menemukan jawaban atas pertanyaan sebagai berikut.
  1. Maukah kita menggunakan TIK dalam PBM kita?
  2. Apakah penggunaan TIK untuk alasan prestise?
  3. Keterampilan bahasa apa yang inginkan Anda ajarkan melalui TIK?
Setelah menjawab pertanyaan reflektif tadi  maka saatnya memilah dokumen online untuk memenuhi kebutuhan di kelas yang berkenaan dengan 4 keterampilan berbahasa: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan beragamnya sumber belajar di internet maka guru dituntut untuk memiliki keterampilan mengidentifikasi manfaat dan keterbatasan sumber belajar tersebut  sesuai dengan tujuan umum dan khusus pembelajaran bahasa Prancis di kelasnya.
Konsep Integrasi TIK dalam Pembelajaran Bahasa
Guru dan siswa adalah subjek yang terlibat langsung dalam proses belajar-mengajar. Masing-masing dari diri mereka juga dapat menjadi sumber belajar. Ada kalanya, guru ataupun siswa mengalami kejenuhan, meskipun rasa jenuh tersebut adalah hal yang wajar, namun sebagai tenaga pendidik maka kita berkewajiban untuk mencari jalan keluar dari kejenuhan segi empatnya ruangan belajar.
Dalam konteks ini TIK membawa angin segar dalam fleksibilitas cara belajar. Sejenak keluar dari monotonnya buku teks dan membantu guru untuk meningkatkan kompetensi profesional mengajar mereka. Harapannya dengan TIK guru dapat membuat kelas lebih dinamis dan lebih aktif. Selain itu Internet juga membantu untuk memperdalam kemampuan bahasa dan pemahaman antarbudaya.
Intinya TIK dilakukan secara bertahap dari sekadar menggantikan sumber belajar manual menjadi digital, memperkaya sumber belajar, hingga menjadi bagian yang memerdekakan dalam memperoleh ilmu pengetahuan, dan menghasiklan pembelajar yang madiri secara otonom.
Bekerja dengan fleksibilitas akan semakin menjadi tren bagi masyarakat dunia, dan keuntungan bekerja dengan TIK akan menghemat waktu dan ruang jika dilaksanakan dengan perencanaan yang baik.
Klasifikasi integrasi TIK dengan Pembelajaran Bahasa Prancis
  1. Perangkat lunak/aplikasi latihan interaktif dibuat dengan perangkat lunak gratis (HotPotatoes, JClic, Netquiz, Didapages, dll)
  2. internet (website, blog, jejaring sosial, forum, dll),
  3. multimedia, papan tulis interaktif (Tableau Numérique Interactif), kamera, dll
Selain itu, internet menawarkan berbagai sumber audio, gambar, teks atau video, yang dapat dipakai dalam kelas bahasa Prancis. Contoh pembelajaran integrasi TIK dalam PBM Bahasa Prancis, berikut ini.
1.  Dokumen otentik elektronik “Website Material” dalam pembelajaran Bahasa Prancis
  1. Visitez le site du Figaro www.lefigaro.fr. Cliquez sur Météo Consul
  2. Choisissez la France comme région.

Fiche pedagogique
La Météo
niveau
Niveau A2

Objectif linguistiques
Le comparatif, les expressions

grammaticaux
impersonnelles, (le futur)

lexicaux
La météo, regions en france

pragmatiques
Demander quel temps il fait, donner/dire des prévisions météo


Public

Adultes
Durée
1h

Matériel
Matériel
Site


Activités :


  1. En vous appuyant sur le lexique de la météo sur le site http://www.lefigaro.fr/meteo/france/index.php , dites quel temps il fait à

a) Paris            b) Lyon
c) Marseille     d) Lille
e) Strasbourg   f) Bordeaux
....... à Paris aujourd’hui il fait ciel couvert, demain il va faire ...

Le prof peut donner un example pour faire

  1. Comparez. Quel temps fait-il, dans ces villes, le matin, l’après-midi, le soir et la nuit.
  2. Quel temps fait-il aujourd’hui dans les différentes villes de votre région ?
  3. Rédigez en groupe des prévisions météo pour votre pays pour la semaine prochaine.


1 CO-compréhension orale, CE-compréhension écrite, PO-production orale, PE-production écrite
Pengayaan materi belajar dengan melihat tayangan video dari youtube mengenai La Météo


Kelemahan




Komentar

Postingan populer dari blog ini

alhamdulillah wisuda

manajemen kelelahan (fatigue management)

KARENA ALLAH MUDAHKAN