Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Bahasa Prancis
Objektif: Setelah mengikuti mata diklat ini peserta diharapkan mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran yang relevan.
Pendahuluan
A vous de refflechir
Combien de radios, de téléviseurs et d’ordinateurs avez-vous chez vous ?
Quand consultez-vous les médias ?
Quels avantages vous offrent les outils permettant de consulter les médias en mobilité ?
Si vous ne deviez choisir qu’un seul outil, lequel garderiez-vous?
Bagaimana cara membangkitkan semangat mengajar dan belajar? Caranya yaitu dengan menemukan hasrat atau passion bagaimana cara belajar dan mengajar. Di era semakin hilangnya kertas atau “le monde sans papier”, kita, para guru mau tidak mau akan berhadapan dengan siswa yang digital native, sedangkan gurunya adalah digital immigrant.
Walaupun demikian keadaanya, seringkali siswa lebih melek internet daripada gurunya. Kenyataan ini kemudian bukan menjadi hambatan bagi guru untuk terus bersemangat mencari cara yang paling menyenangkan bagi siswa maupun guru sendiri dalam mengajar dan belajar bahasa Prancis. Sebelum memutuskan keterampilan apa yang akan diajarkan kepada siswa, ada baiknya melihat Tips berselancar di internetini sebagi panduan, yakni sebagai berikut.
Prinsip dalam menggunakan koneksi Internet di kelas Bahasa Prancis adalah bahwa guru dapat menggunakan internet sebagi media dalam proses PBM pada proses persiapan saja, menggunakan laboratorium komputer, sebagia media belajar mandiri atau sebagai media online otentik yang mutakhir.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan internet di kelas bahasa Prancis, dan harapan membangkitkan "motivasi belajar" dapat menjadi kenyataan, berikut adalah 8 Tips yang baik untuk diperhatikan.
Tips 1: Gunakan Internet untuk melatih empat keterampilan berbahasa: membaca - Menulis - Mendengarkan - Bicara
Tips 2: Mengintegrasikan aktivitas internet dalam satu set kegiatan belajar
Upayakan empat keterampilan tersebut dilakukan secara integrasi dan tidak sendiri-sendiri. Semua unsur aktivitas kegiatan dirancang untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan: linguistik, sosiolinguistik dan sosial budaya (pengetahuan tentang budaya dan perusahaan Francophone).
Tips 3: Tingkatkan keterlibatan siswa secara aktif
Dengan adanya internet maka dunia seperti tak berbatas. Setiap hari setiap saat kita dapat berkunjung kemanapun hanya dengan bekal bahasa. Hal ini akan membuatg siswa lebih bersemangat untuk belajar bahasa. Internet sama dengan media yang menarik bagi siswa maupun guru. bersama oleh penutur sosial, budaya dan etnis yang berbeda. Ini adalah media yang sangat menarik bagi siswa dan guru.
Beberapa prinsip pedagogik sederhana untuk meningkatkan motivasi ini adalah bahwa siswa akan lebih terlibat jika kita memberinya tugas yang sesuai dengan kesukaan dan kepentingan dirinya. Games dan Kompetisi dapat disajikan sebagai metode pengajaran bahasa prancis melalui internet karena manusia bersifat menyukai hal yang sebabnya merangsang, menyenangkan dan kreatif. Melalui permainan/games di kelas bahasa Prancis, siswa akan dilatih menjadi pembelajar yang mandiri dan menerapkan kesadaran akan kebutuhan belajar. Aktif mencari tahu akan hal yang belum ia ketahui dan tidak lagi bergantung pada sumber belajar “guru”.
Tips 4: Meningkatkan komunikasi antara siswa
Jika kita ingin siswa untuk termotivasi untuk berbicara dan berkomunikasi dalam bahasa Prancis, kita perlu menciptakan situasi komunikasi dengan kondisi yang nyata. Bagai Mana? Dengan sistematis mencipatakan interaksi antara lawan bicara. Pada situasi ini pentingnya kelompok kerja. Dalam dinamika kerja kelompok siswa dapat berbicara lebih banyak dan saling bertukar informasi dari siswa yang lebih cepat belajar dengan siswa yang mengalami hambatan belajar.
Tips 5: Sesuaikan sumber belajar dalam internet dengan level siswa
Internet dapat digunakan bahkan dengan pemula. Hal ini menjadi tangung jawab guru untuk memilih suber belajar di internet yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.
Tips 6: Memberikan tugas tambahan untuk peserta didik dengan tipe pembelajar cepat
Belajar dengan menggunakan koneksi internet sangat bergantung pada infrastruktur:jaringan internet dan komputer. Bagi siswa yang telah terpapar internet dengan baik mungkin akan lebih cepat belajar dari pada siswa yang hanya sesekali saja. Oleh karena itu guru berkewajiban menyiapkan rencana tugas “B” untuk siswa pembelajar cepat.
Tips 7: Simpan/save situs web favorit Anda pada CD-ROM
Website adalah media maya. Terkadang administrator web mengganti domain atau bahkan menutupnya. Jadi tidak ada salahnya jika kita mengkopi web tersebut menjadi media offline.
Tips 8: Nikmati mengajar dengan Internet
Kita sangat sering kita berbicara tentang bagaimana cara memotivasi siswa. Tapi bagaimana dengan cara memotivasi guru? Semoga dengan adanya internet ini para guru bersedia untuk terus belajar bersama dengan siswa. Mengintegrasikan ICT dalam kelas bahasa sering berhubungan kembali dengan "kesenangan mengajar"
Situs http://apprendre.tv5monde.com/fr/niveaux/a1-debutant?tid=302-se-presenter
Sebagai media pembelajaran bahasa Prancis tingkat pemula (A1)
Alat yang disiapkan:
1. Laptop
2. LCD Projector/in focus
3. Speaker
Etape:
1. cliquez sur http://apprendre.tv5monde.com/fr/niveaux/a1-debutant
2. choississez le theme “Les salutations”
A. Se présenter B. Donner des informations sur son état civil C. Parler de son entourage proche D. Dire son origine Dalam tema “Salutation” ada empat jendela yang berisi aktivitas. 3. Cliquez sur “voir le manuel d’aide” On va travailler ensamble! FICHE DE DEROULEMENT DE SEQUENCE Nom de professeur: Niveau :debutant A1. Le theme : « Les salutations» Durée : 45’ X 2+ évaluation A. Objectif général : Savoir faire se présenter Commu-nicatifs grammaticaux lexique prononciation culture évaluation Durée Savoir se presenter Les verbes etre et s’appeler Les pronoms personnels, je, tu, il, elle. Quelques proffession Les lettres de l’alphabet Donner son nom et prenom dans le bon ordre 4 competances 45’x2 https://www.youtube.com/watch?v=pb3LhvDMmE4 (Déclencheur ) http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/grammaire-le-verbe-etre-et-le-verbe-sappeler-au-present Document sonore http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/vocabulaire-les-professions http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/prononciation-les-lettres-de-lalphabet http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/cultures-donner-son-nom-et-son-prenom-dans-le-bon-ordre http://apprendre.tv5monde.com/fr/niveaux/a1-debutant?tid=302-se-presenter D’après la taxonomie de Bloom on peut remplacer un verb avec des verbs ci-dessous. Connaître Savoir Comprendre Appliquer Analyser Evaluer Peuvent être remplacés par Citer Décrire Définir Nommer Enumerer Identifier Etc … Déterminer Sélectionner Représenter Nommer Expliquer Classer Etc … Sélectionner Choisir Construire Calculer Utiliser Démontrer Etc … Identifier Différencier Comparer Démontrer Résoudre Etc … Justifier Interpréter Critiquer Choisir Juger Etc … A vous, mesdames et messieurs... Faites une fiche pedagogique base sur le theme de votre choix Les themes que vous pouvez choisir: Bon travail
A. Se présenter B. Donner des informations sur son état civil C. Parler de son entourage proche D. Dire son origine Dalam tema “Salutation” ada empat jendela yang berisi aktivitas. 3. Cliquez sur “voir le manuel d’aide” On va travailler ensamble! FICHE DE DEROULEMENT DE SEQUENCE Nom de professeur: Niveau :debutant A1. Le theme : « Les salutations» Durée : 45’ X 2+ évaluation A. Objectif général : Savoir faire se présenter Commu-nicatifs grammaticaux lexique prononciation culture évaluation Durée Savoir se presenter Les verbes etre et s’appeler Les pronoms personnels, je, tu, il, elle. Quelques proffession Les lettres de l’alphabet Donner son nom et prenom dans le bon ordre 4 competances 45’x2 https://www.youtube.com/watch?v=pb3LhvDMmE4 (Déclencheur ) http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/grammaire-le-verbe-etre-et-le-verbe-sappeler-au-present Document sonore http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/vocabulaire-les-professions http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/prononciation-les-lettres-de-lalphabet http://apprendre.tv5monde.com/fr/apprendre-francais/cultures-donner-son-nom-et-son-prenom-dans-le-bon-ordre http://apprendre.tv5monde.com/fr/niveaux/a1-debutant?tid=302-se-presenter D’après la taxonomie de Bloom on peut remplacer un verb avec des verbs ci-dessous. Connaître Savoir Comprendre Appliquer Analyser Evaluer Peuvent être remplacés par Citer Décrire Définir Nommer Enumerer Identifier Etc … Déterminer Sélectionner Représenter Nommer Expliquer Classer Etc … Sélectionner Choisir Construire Calculer Utiliser Démontrer Etc … Identifier Différencier Comparer Démontrer Résoudre Etc … Justifier Interpréter Critiquer Choisir Juger Etc … A vous, mesdames et messieurs... Faites une fiche pedagogique base sur le theme de votre choix Les themes que vous pouvez choisir: Bon travail
Komentar
Posting Komentar